ANIEF MENGAJAK KAYA

Wednesday 14 January 2015


        

         Apa kabar kawan - kawan pengunjung Anief Mengajak Kaya dan selamat tahun baru 2015 , sudah lama ya saya tidak mengeposkan sebuah artikel ke blog ini :D ya maklumlah keterbatasan waktu ya kayak begini kawan :v apalagi ini masih tahun baru.

kali ini saya akan mengeposkan sebuah artikel yang bertentangan dengan makanan. Nah saya akan memberi resep dan cara pembuatan nasi goreng ala Chef Adnan. Ya walaupun masih banyak sih resep-resep nasi goreng yang lainnya, akan tetapi resep ini sangatlah mudah dibuat bagi kawan-kawan yang ingin mempelajari resep dari pedesaan ini.
Nah okelah tanpa basa - basi mari kita praktekkan :D langsung menuju TDM (Tempat Dapur Memasak ^_^) Haha.


**Pertama - tama kita harus menyiapkan bahan terlebih dahulu, masak kita mau membuat sebuah menu makanan tanpa bahan kan lucu :D
oke yang perlu disiapkan bahan - bahannya adalah :



1.) Nasi 1 piring untuk satu orang, yang masih segar ya kawan, jangan pake yang nasi bekassan okeh. kalau bisa pake nasi yang masih pulen jangan yang kayak tanah liat, maksudnya yang tidak jangan kaya bubur.
2.) 3 Siung bawang putih. 

3.) Bumbu kare jika ada (soalnya ini resep ala pedesaan modern). jika tidak ada gantinya bisa 3-4 butir cabai rawit. 

4.) 1-2 sendok teh kecap asin 

5.) 1 saset kaldu ayam yang biasa digunakan untuk sop. 

6.) 2 sendok teh garam lembut bukan yang kasar. 

7.) merica 1/2 sendok teh. 

8.) 2 sendok makan kecap biasa. 

9.) 2-3 sendok makan minyak goreng. 

10.) 1 butir telur 

11.) 4 buah tempura yang dipotong-potong sesuai anda. 

**Nah sekarang yang paling penting dari memasak yaitu alat untuk memasak, bukan alat untuk bangunan ya kawan,nah okeh pasti anda sudah mengerti :
1.) Wajan penggorengan 

2.) Spatula (bahasa jawanya sotel)  bukan skop emangnya mau buat bangunan. 

3.) Kompor sumber apinya, masak mau memasak tidak pake kompor sama api kan aneh. 

4.) 1 Pisau untuk memotong bawang, jangan dipake yang sembrono kawan, ntar malah dibuat motong ayam tetangga.  


**Sekarang saatnya cara pembuatannya kawan, perhatikan dengan seksama dan dibaca teliti okeh, jangan tidur ntar siapa yang baca.

1.) Pertama hancurkan dulu bawang putihnya sampai penyet dan dicacah sampai halus. setelah itu iris - iris tempura atau ikan yang sudah kawan sediakan oke. 

2.) Setelah seluruh bahan sudah disiapkan maka sekarang waktunya memasak. panaskan wajang penggorengan dengan minyak yang sudah disiapkan tadi. 

3.) Jika minyak sudah panas masukkan telur yang sudah diaduk dimangkuk, lalu aduk telur itu dengan spatula ( jangan sampai lembut)
masukkan bawang putih yang sudah dicacah tadi, dan masukkan tempura atau ikan yang kawan siapkan (tambahan selera kawan) aduk - aduk hingga tercampur semua. 

4.) Setelah itu masukkan nasi putih dan aduk - aduk sampai tercampur, jangan lupa api dikecilkan dulu. 

5.) Setelah nasi tercampur dengan bumbu, lalu masukkan bumbu kare atau cabai yang sudah dihaluskan bersamaan kecap asin, kecap biasa, garam, merica yang sudah ditakar sebelumnya. bersamaan kaldu ayam. 

6.) Aduk semua bahan beserta api yang besar sampai beraroma harum. 
7.) Nah jika sudah matang sekarang saatnya tinggal menaruhnya kepiring untuk dimakan ya kawan bukan dibuang. nah jika ingin tambahan maka kawan bisa menambahkan krupuk atau abon. 
Bagaimana kawan tutorial pembuatan nasi goreng dari chef Adnan ala pedesaan :) jika ada yang kurang atau kelebihan dari artikal yang saya buat bisa anda memberi komentar dibawah ini ya kawan :D tetapi dengan bahasa yang sopan okeh ^_^ nantikan resep masakan lainnya ala Chef Adnan Pedesaan. Sekian Atas Kunjungannya.

0 komentar:

MENGIKUTI

Total Pengunjung :

Kategori :

Flag Counter

Popular Posts